Resep Sop Kambing

Resep Sop Kambing - Jika anda penggemar olahan daging kambing, Lebaran tentu belum terasa istimewa tanpa hadirnya hidangan berbahan dasar daging kambing. Oleh sebab itu, kami hadirkan resep sop kambing bagi anda.

Mengolah daging kambing memerlukan kecermatan tersendiri, hal ini yang menjadikan beberapa orang malas memasak daging kambing. Padahal jika tahu triknya, tidaklah sulit mengolah daging kambing. Tips intinya, sebelum diolah, hindarkan daging kambing dari air. Cucilah daging kambing ketika anda sudah siap untuk mengolahnya. Jika sudah terlanjur terkena air, segera keringkan dengan lap bersih dan bungkus dengan lap tersebut, lalu simpan dalam lemari es dengan suhu 5oC. Untuk menghilangkan bau khas (prengus) dari daging kambing, anda dapat memanfaatkan buah timun. Potong kecil buah timun dan remas-remas bersama daging kambing yang sudah dipotong-potong. Getah buah timun dipercaya mampu menghilangkan aroma kambing. Ada dua gaya pengolahan sop kambing, menggunakan santan dan bening. Kali ini kami menyajikan sop kambing bening yang lebih sehat karena tidak pakai santan. Sajikan sop kambing ini dengan nasi panas dan emping goreng.

Resep Sop Kambing


  • Waktu persiapan
  • 15 minit
  • Waktu memasak
  • 45 minit
  • Waktu total
  • 1 jam

Penulis: Titi
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 4 porsi

Bahan-bahan

  1.     750 gr iga kambing
  2.     2 cm jahe, memarkan
  3.     2 sdt garam
  4.     3 sdm minyak goreng
  5.     4 cm kayu manis
  6.     3 butir cengkih
  7.     1 butir biji pala, belah-belah
  8.     2 batang daun bawang, iris 2 cm
  9.     2 butir tomat, iris dadu 2cm
  10.     2 sdm bawang goreng
  11.     2 batang seledri iris halus

Bumbu halus:
  1.     10 butir bawang merah
  2.     3 siung bawang putih
  3.     3 buah cabai merah
  4.     1 sdt merica

Pelengkap:
  1.     Jeruk limau dan emping

Cara membuat

  • Potong iga kambing ukuran 5 cm. Masukkan ke dalan panci, tuangi air, beri jahe dan garam. Masak dengan api sedang hingga mendidig. Kecilkan api, tutup panci tidak rapat, rebus hingga daging kambing empuk, angkat.
  • Saring kaldu sebanyak 1.2 liter, masak kembali. Bila cairan berkurang, tambahkan air mendidih secukupnya.
  • Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus, masukkan kayu manis, cengkih dan pala. Aduk hingga aromanya keluar, angkat. Masukkan bumbu tumis ke dalam panci berisi daging.
  • Teruskan memasak hinga mendidih, kecilkan api. Masukkan daun bawang dan tomat, masak sebentar, angkat.
  • Masukkan sop beserta daging kambing ke dalam mangkon saji. Taburi bawang goreng dan seledri iris. Sajikan selagi panas dengan pelengkap jeruk limau dan emping goreng.
Mudah bukan resep sop kambing? Selamat mencoba dan semoga keluarga dan tamu anda puas dengan hasil masakan anda. Jangan lupa untuk berbagi cerita dengan kami disini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resep Daging Kambing Rica-Rica

Resep Gulai Kambing